Spesialis Perkembangan Anak telah belajar bahwa sejak lahir anak diarahkan untuk bereksperimen dan belajar dari setiap pengalaman. Pakar Perkembangan Anak telah mengambil konsep perancah dari perdagangan bangunan. Sama seperti perancah dipasang untuk mendukung struktur bangunan saat sedang dibangun dan secara bertahap diturunkan ketika bangunan mampu berdiri sendiri.

Orang tua perlu memberikan dukungan yang diperlukan bagi Perkembangan Anak untuk memungkinkan mereka dengan aman dan secara produktif mengeksplorasi dan belajar dari lingkungan mereka. Ketika anak menjadi dewasa dan mengembangkan penguasaan, perancah dihapus atau diubah untuk memungkinkan anak menjadi lebih mandiri. Jika anak tidak cukup siap, dukungan akan diaktifkan kembali dan kemudian secara bertahap ditarik lagi.

Informasi di sini memberikan orang tua dengan pengetahuan dan pedoman untuk memberikan dukungan, bimbingan dan pengalaman belajar yang diperlukan bagi anak mereka untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan cetak biru perkembangannya yang unik. Kami memberikan garis waktu perkembangan, video, saran untuk mendorong pengembangan dan saran untuk lebih banyak sumber daya untuk membantu Anda dan anak Anda.

Domain Perkembangan Anak Pelajari tentang perkembangan anak normal dan bagaimana mengenali apakah perkembangan anak Anda tepat waktu dan apa yang Anda sebagai orang tua dapat lakukan untuk mendukung dan mendorong perkembangan anak Anda di masing-masing dari empat domain utama.

Ketika anak-anak tumbuh dewasa, mereka berkembang dalam beberapa cara yang berbeda. Perkembangan anak meliputi perubahan fisik, intelektual, sosial, dan emosional. Anak-anak tumbuh dan menjadi dewasa dengan tingkat yang sangat berbeda. Sulit mengatakan “normal” itu. Mungkin ada perbedaan besar dalam tinggi, berat badan, dan perkembangan di antara anak-anak yang sehat.

Apa Saja Faktor Perkembangan Anak?

Diet, olahraga, dan gen adalah faktor-faktornya. Beberapa anak mulai pubertas atau dekat dengannya sebelum mereka remaja. Anak-anak mulai menjadi lebih mandiri dari orang tua mereka. Mereka mungkin memberontak. Mereka juga melihat keluar – ke teman-teman mereka, yang biasanya berjenis kelamin sama.

Persetujuan rekan menjadi sangat penting. Anak Anda dapat mencoba perilaku baru untuk menjadi bagian dari “grup”. Ini juga bisa menjadi waktu ketika orang tua atau guru mengenali ketidakmampuan belajar atau masalah perilaku pada anak-anak. Masalah-masalah ini dapat menjadi lebih buruk seiring berjalannya waktu, jadi penting untuk mendapatkan bantuan lebih awal.

Anak-anak yang pendek sering menghadapi ejekan oleh teman sebaya dan mungkin perlu bantuan mengatasi. Anda dapat membantu dengan mendukung harga diri anak Anda  . Sebagai contoh, mungkin sulit bagi anak lelaki kecil untuk membuat tim sepak bola. Tetapi berfokus pada alternatif, seperti sepak bola atau tenis, dapat membuatnya merasa lebih baik tentang dirinya sendiri dan apa yang bisa ia lakukan.

Cobalah untuk memahami perasaan anak Anda dan biarkan jalur komunikasi tetap terbuka. Cara lain untuk meningkatkan mood anak Anda adalah dengan mendorong kegiatan yang tidak fokus pada tinggi atau berat badan. Keahlian khusus dan kualitas individu, seperti bakat musik atau kecintaan terhadap sastra, adalah hal yang patut dibanggakan juga.

Jika Anda Mengira Ada Masalah

Beberapa orang tua khawatir tentang pertumbuhan dan perkembangan anak mereka. Sehingga dapat meyakinkan untuk mengetahui bahwa sebagian besar anak-anak yang pendek atau tertunda dalam perkembangan adalah sehat dan normal. Sebagai contoh, orang tua yang lebih pendek cenderung memiliki anak yang lebih pendek dan tidak semua anak berkembang pada tingkat yang sama.

Jika Anda memiliki masalah, bicarakan dengan dokter Anda. Dokter dapat memeriksa anak Anda, bertanya tentang riwayat keluarga Anda dan, jika perlu, memesan tes untuk melihat apakah ada kondisi medis yang mempengaruhi pertumbuhan. Dokter dapat memeriksa pertumbuhan anak Anda lebih sering atau merujuk anak Anda ke ahli endokrin anak (seorang dokter yang merawat gangguan pertumbuhan).