Layanan pinjaman uang online yang ditawarkan fintech seperti Kredivo, terkenal dengan proses pencairannya yang cepat dan pengajuan yang mudah. Memang, jenis pinjaman uang online ini umumnya ditujukan untuk mempermudah banyak orang mendapat akses pinjaman. Namun, tak jarang juga orang memanfaatkan layanan pinjaman jenis ini dengan mengabaikan kondisi finansialnya. Asal butuh, langsung pinjam, tanpa cek dulu berapa total utang yang sedang dimiliki dan berjalan saat ini atau berapa besaran suku bunga yang ditawarkan fintech terkait.

Kondisi tersebutlah awal mula yang menyebabkan terjadinya kredit macet bagi sebagian orang yang meminjam di aplikasi fintech. Sebenarnya, tanda-tanda ini bisa dikenali dari awal, mulai dari bagaimana kamu mengatur keuangan. Maka dari itu, jika kamu masih punya 3 kebiasaan buruk ini, maka jangan dulu apply pinjaman uang online, ya.

Seringkali menganggap remeh tagihan dan jatuh tempo pembayaran

Mulai dari tagihan BPJS, tagihan listrik, air, telepon, bayar kosan, sewa kontrakan, dan sejenisnya, yuk cek lagi kebiasaanmu selama ini. Apakah masih sering abai dan menganggap remeh tagihan serta jatuh tempo pembayaran? Atau justru malah sering banget bayar tagihan kartu kredit cuma minimumnya aja? Nah, ini artinya, kamu masih cenderung belum disiplin dan belum bisa bertanggung jawab jika punya tanggungan. Selain disiplin, konsistensi dalam pembayaran juga diperlukan apabila kamu mengambil cicilan hingga pinjaman. Kalau enggak, risikonya tentu bisa kena denda hingga berpengaruh pada skor kredit kamu di masa depan. Skor kredit yang buruk bisa memengaruhi masa depan lho! Contohnya, kalau kamu mau ajukan KPR di masa depan, pasti skor kreditmu juga akan dicek oleh bank sebagai bahan pertimbangan apakah kamu layak atau tidaknya menjalankan KPR.

Uang kerap habis tanpa ada catatan yang jelas

Idealnya, kondisi keuangan yang sehat bisa tercermin dari anggaran keuangan bulanan. Berapa total pemasukan, dan berapa total pengeluaran yang diperlukan. Apabila kamu masih sering mengalami kehabisan uang tanpa tau ke mana tujuannya, maka sebaiknya jangan dulu apply pinjaman uang online ke fintech mana pun. Sebab, angsuran pinjaman yang harus kamu bayarkan per bulannya adalah hal yang wajib dimasukkan ke dalam anggaran. Tanpa punya anggaran keuangan yang jelas dan disiplin dalam mengatur arus keuangan, bukan nggak mungkin kamu akan kerepotan menghadapi tagihan jatuh tempo dari pinjaman yang kamu ajukan nantinya.

Belum sadar menabung atau punya asuransi

Selain tidak besar pasak daripada tiang, kondisi keuangan yang sehat juga ditandai dengan adanya tabungan darurat dan ada asuransi. Baik itu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, hingga dana pensiun. Kalau lagi banyak banget kebutuhan, terus masih tengah bulan udah kehabisan uang, tabungan darurat bisa digunakan sebagai penyelamat. Begitu juga kalau kamu jatuh sakit, adanya asuransi kesehatan bisa membuat kamu tidak perlu keluar uang untuk bayar biaya rumah sakit yang mahal. Kalau kamu masih belum sadar pentingnya menabung atau asuransi, maka kamu juga belum layak untuk menambah beban keuangan dengan cara mengambil pinjaman online. Yuk, perbaiki dulu pola pikir dan belajar mengatur keuangan sejak dini.

Kredivo, aplikasi pinjaman uang online terbaik dengan bunga rendah

Kalau nggak termasuk punya tiga kebiasaan buruk di atas, gimana? Boleh aja apply pinjaman uang tunai online. Tapi, utamakan untuk kebutuhan yang urgensinya tinggi, ya. Bukan untuk kebutuhan konsumtif seperti belanja, hangout, atau memenuhi gaya hidup yang nggak bisa kamu raih.

Sekarang, ada banyak aplikasi fintech yang menawarkan jasa pinjaman uang cepat. Ada juga yang all in one seperti Kredivo: bisa untuk pinjaman tunai dan bisa juga untuk cicilan. Fungsinya serupa dengan kartu kredit perbankan, hanya saja, Kredivo berbasis digital atau online yang pendaftarannya bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Kredivo langsung.

Untuk bisa ajukan pinjaman atau belanja cicilan dengan Kredivo, kamu harus terdaftar sebagai pengguna Premium Kredivo lebih dulu. Caranya adalah dengan download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, dan ikuti instruksi pendaftaran yang tersedia. Dengan daftar sebagai pengguna Premium, kamu juga berkesempatan mendapat limit kredit maksimal sampai Rp 30 juta.

Berapa suku bunga yang diterapkan Kredivo?

Hanya 2,95% per bulan untuk angsuran pinjaman dan juga cicilan. Untuk cicilan, kamu dapat menggunakan limit di akun Kredivo-mu untuk bertransaksi di lebih dari 250 marketplace dan merchant rekanan Kredivo seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, dsb. Tersedia tiga pilihan tenor untuk cicilan barang: 3, 6, dan 12 bulan tanpa uang muka. Sementara untuk mencairkan limit di akun Kredivo-mu jadi pinjaman tunai, pastikan kamu menggunakan fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo yang ada di aplikasi Kredivo ya. Pinjaman dapat diajukan mulai dari Rp500.000 dengan opsi tenor mulai 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan.