Penting untuk Anda ketahui bahwa sebenarnya gangguan kesehatan HIV dan AIDS memiliki pengertian yang berbeda, namun secara umum, kedua hal ini sering dikaitkan karena saling berhubungan. Human Immunodeficiency Virus atau yang lebih dikenal dengan HIV merupakan sebuah virus yang menjadi faktor penyebab utama seseorang mengalami kelainan AIDS atau dalam dunia medis disebut dengan Acquired Immune Deficiency Syndrome. Virus HIV tersebut terbukti dapat membuat sistem kekebalan tubuh manusia turun drastis sehingga memudahkan virus, bakteri maupun berbagai jenis infeksi yang memicu terjadinya penyakit masuk kedalam tubuh. Oleh sebab itu, usahakan Anda selalu mengontrol kondisi tubuh agar dapat terhindar dari berbagai gejala HIV AIDS (link ke ) yang mungkin terjadi.

Penyebab utama yang membuat sistem imunitas tidak dapat bertahan kuat saat tubuh terkena virus HIV adalah dikarenakan sel CD4 yang memiliki fungsi menangkal semua jenis virus dan bakteri telah di hancurkan oleh virus HIV tersebut. Selain itu, virus jenis ini juga terbilang ganas dan sangat berbahaya karena Anda tidak dapat menghilangkan secara keseluruhan dengan pengobatan apapun, melainkan hanya akan hilang sebagian dan tetap akan ada didalam tubuh Anda selama seumur hidup.

Umumnya untuk dapat mengenali gejala yang ditimbulkan akibat seseorang terkena virus HIV membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk itu, berikut akan kita bahas berbagai gejala umum yang biasa ditunjukkan oleh para penderita HIV AIDS, antara lain:

  • Adanya infeksi jamur yang terdapat pada area alat kelamin yang tidak kunjung sembuh dan semakin parah merupakan gejala umum yang banyak dialami para penderita penyakit ini.
  • Adanya gangguan pada panggul seperti terkena radang kronis juga dapat menjadi tanda seseorang terkena virus berbahaya yang satu ini.
  • Kemudian pada beberapa kasus, para penderita HIV AIDS biasanya akan mengalami penurunan berat badan secara drastis meskipun sedang tidak menjalani program diet tertentu.
  • Jika Anda atau salah atau keluarga sering mengalami demam dan mudah berkeringat di malam hari tanpa ada alasan yang jelas, maka dapat dicurigai sebagai tanda awal penyakit AIDS.
  • Selanjutnya sering terjadi pendarahan pada bagian tubuh tertentu seperti hidung, mulut, kulit dan area organ intim juga sering terjadi pada penderita AIDS di fase awal.

Jika Anda mengalami salah satu kondisi seperti di atas atau bahkan justru menunjukan gejala lain yang mengganggu ketika Anda beraktivitas, maka sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter agar tidak terlambat. Hal ini penting untuk diantisipasi secepat mungkin karena kondisi tubuh seseorang umumnya akan berbeda, sehingga jika tidak segera mendapat penanganan yang tepat, maka gejala tersebut dapat menghambat semua aktifitas. Selain itu, HIV AIDS juga dapat berujung pada komplikasi penyakit kronis seperti kanker dan tuberkolusis maupun kandidiasis yang dapat terjadi pada kurun waktu tertentu jika tehnik pengobatan yang dilakukan sebelumnya tidak cocok dengan Anda.

Dokter spesialis akan melakukan diagnosa terhadap gejala HIV AIDS dengan cara melakukan tes darah kepada pasien. Nantinya setelah diketahui dengan pasti apa penyebab utama penyakit tersebut, maka dapat segera dilakukan prosedur pengobatan. Menjadi salah satu jenis penyakit yang akan terus melekat didalam tubuh manusia, virus HIV harus selalu diimbangi dengan gaya hidup sehat serta asupan gizi yang berimbang agar tidak kambuh dan mengganggu aktifitas penderitanya. Selain itu, menjaga kebersihan diri dan lingkungan juga memastikan hanya menjalin kontak dengan orang yang sehat juga dapat menjadi upaya pencegahan HIV AIDS kambuh dengan benar.