Ada banyak alasan yang memang membuat masyarakat mulai untuk menggunakan produk asuransi, salah satu produk keuangan yang fungsinya adalah sebagai proteksi atau untuk melindungi. Apalagi jika dilihat dari segi perkembangannya sekarang ini memang cukup banyak pilihan jenis asuransi yang ditawarkan. Namun tetap saja satu yang harus Anda pilih adalah asuransi jiwa Indonesia. Pastinya produk yang satu ini sudah tidak begitu asing lagi bukan, asuransi yang bisa dijadikan sebagai sarana untuk proteksi diri terhadap resiko kecelakaan ataupun kematian.

Sehingga jika seandainya nanti terjadi kecelakaan atau bahkan kematian, tidak perlu lagi memikirkan masalah keuangan untuk keluarga tercinta. Semakin kesini ada kian banyak diantara pilihan perusahaan yang menawarkan asuransi ini, mulai dari yang skalanya lokal sampai dengan internasional. Calon nasabah sendiri agaknya harus lebih selektif di dalam menjatuhkan pilihan sehingga nantinya tidak akan rugi. Patut untuk diketahui bahwa selain segudang manfaat yang ditawarkan oleh asuransi jiwa Indonesia ini, nyatanya juga menyimpan banyak sekali kekurangan atau kerugian yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Uang klaim hanya dapat diambil sekali dalam seumur hidup, jenis asuransi jiwa ini memang nantinya akan memberikan jaminan untuk tanggungan, namun uang tersebut hanya dapat diambil sekali saja dalam seumur hidup, tidak diberikan secara berkala. Sehingga takutnya nanti sekali dikeluarkan akan langsung habis.
  2. Kebanyakan diantaranya hanya dapat dinikmati oleh ahli waris atau keluarga saja, meskipun pada dasarnya ada jenis asuransi jiwa yang term life atau berjangka, mulai diantaranya antara 5 hingga 20 tahun. Kebanyakan diantara masyarakat baru mendaftar produk asuransi ketika sudah tua, sehingga pada saat pengambilan uang klaim, hanya dapat dinikmati oleh anak dan juga keluarga saja, bukan dirinya sendiri.
  3. Untuk beberapa jenis asuransi jiwa, seperti diantaranya yang seumur hidup, maka diberikan batasan waktu untuk pengajuan klaim uang pertanggungan, jika seandainya keluarga tidak segera mengajukan klaim sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan, maka nantinya uang tersebut akan langsung hangus, tidak dapat menikmati uang premi sama sekali.
  4. Asuransi jiwa ini juga tersedia dalam jenis yang disertai dengan adanya bentuk investasi atau unit link, pemilihan asuransi jiwa unit link memang memungkinkan dapatkan dua manfaat sekaligus, diantaranya adalah proteksi diri dan juga investasi, namun kelemahannya adalah kurang memberikan perlindungan atau proteksi secara optimal.

Tetapi jangan khawatir di balik kekurangan atau kelemahan dari Asuransi jiwa Indonesia tersebut, sebenarnya tersimpan banyak sekali manfaat untuk Anda. Sehingga tak ada salahnya untuk mulai membeli dari sekarang. Bahkan akan jauh lebih efektif dalam memberikan perlindungan jika seandainya dibeli sejak masih berusia muda, jangan menunggu tua.