Bagi teman-teman yang ingin membeli sepeda motor kedua, sepertinya mereka perlu mengetahui tips membeli sepeda motor bekas agar mereka tidak mudah tertipu. Selain itu, kita tahu cara membeli sepeda motor bekas, tentu saja kita bisa mengetahui atau mengidentifikasi beberapa kekurangan dan kelemahan.

Bukan tanpa alasan, mengingat nama motor bekas, tentu saja kita tidak tahu apa yang terjadi pada sepeda motor asalkan itu digunakan oleh pengguna pertama. Di sisi lain, pengetahuan tentang tips membeli sepeda motor bekas yang Sena akan bagikan ini tampaknya cukup perlu dipahami.

Menimbang bahwa pada saat ini ada beberapa penjual memoles sepeda motor bekas mereka sedemikian rupa yang dimaksudkan untuk menutupi kekurangan produk sehingga mereka dapat menjualnya dengan harga lebih tinggi dari yang seharusnya. Nah, karena alasan itulah, mengetahui dan memahami tip-tip dalam membeli sepeda motor bekas adalah hal yang cukup penting untuk diketahui dan dipelajari. Jadi, bagaimana Anda melakukannya? Apakah Anda lebih penasaran, teman?

Karenanya kali ini, Mas Sena akan membagikan informasi penting terkait tips membeli motor bekas yang berkualitas dan mudah diimplementasikan sehingga tidak salah pilih. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat ulasan di bawah ini.

Pilih Jenis Motor yang akan Dibeli

Langkah pertama membeli tip sepeda motor bekas yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis sepeda motor apa yang akan dibeli. Metode ini dilakukan untuk memudahkan teman menemukan penjual yang cocok dengan sepeda motor yang Anda inginkan. Bisa olahraga motor, motor bebek, dan matic. Jadi, sekali lagi tentukan pilihan Anda, jenis motor apa yang akan dibeli.

Apa Saja Hal yang Harus di Perhatikan Saat Memilih Sepeda Motor Bekas?

Memilih Penjual yang Tepat

Memilih penjual sepeda motor yang tepat juga merupakan salah satu dari sekian banyak tips untuk membeli sepeda motor bekas. Langkah ini dilakukan untuk mencegah atau menghindari penjual yang nakal dan suka menipu konsumen. Sekarang, untuk mengetahui penjual mana yang benar, teman-teman dapat mengetahui beberapa penjual sepeda motor yang sudah dikenal atau terbukti dalam penjualan mereka tidak mengecewakan pelanggan mereka. Selain itu, Anda juga dapat menemukan teman yang memiliki kenalan penjualan sepeda motor tepercaya.

Ketahui Harga Pasar Sepeda Motor

Jika teman sudah tahu jenis motor apa yang harus dibeli dan penjual sudah memperoleh, maka tips untuk membeli sepeda motor bekas adalah dengan menganalisis atau memeriksa harga pasar sepeda motor yang akan dibeli. Meski sepele namun langkah ini sangat diperlukan.

Sebab, setiap jenis sepeda motor memiliki harga yang berbeda-beda dan tergantung dari kondisi sepeda motornya juga. Misalnya, jika keadaan sepeda motor masih sebagus yang baru baik dari segi mesin dan bodi, umumnya akan dibanderol dengan harga yang agak mahal.

Tapi, begitu juga sebaliknya jika kondisi motor tidak seperti baru. Mungkin mesin memiliki sedikit masalah atau bodi yang banyak goresan maka akan memiliki harga yang lebih murah. Selain itu, memeriksa harga pasar sangat diperlukan agar kita tidak mudah tertipu oleh harga yang ditetapkan oleh penjual.

Periksa Kelengkapan Surat Kendaraan

Tips untuk membeli sepeda motor bekas yang tidak kalah pentingnya, adalah dengan mengecek surat, seperti BPKB dan STNK. Tentu saja, langkah ini dilakukan untuk mengetahui kejelasan identitas pemilik tangan pertama. Sehingga kita dapat memastikan bahwa sepeda motor bekas yang akan kita beli bukan sepeda motor curian.

Bukan tanpa alasan mengingat bahwa saat ini tidak ada sedikit kasus pencurian sepeda motor yang ditemukan. Sehingga untuk mencegah apa pun yang tidak diharapkan bahkan kelengkapan surat dan file sepeda motor harus menjadi bagian dari perhatian.