Bisnis yang Paling Mudah bagi Para Pemula

  • Whatsapp
Bisnis yang Paling Mudah bagi Para Pemula

Bisnis rumahan merupakan jenis alternative bisnis yang sering dicoba oleh para pemula yang baru pertama kali membuka sebuah usaha. Hal ini karena bisnis ini dapat dijalankan di rumah. Dengan menjalankan bisnis dari rumah maka pemilik bisnis tidak perlu menyewa lokasi sebagai tempat usahanya untuk beroperasi, yang akan sangat menekan biaya yang harus dikeluarkan sebagai modal usaha. Meski demikian tidak hanya bisnis yang dijalankan di rumah, kelompok-kelompok pekerjaan jasa yang tidak memiliki kantor juga dapat dikategorikan ke dalam kelompok tersebut sebagai contoh adalah desain interior.

Bisnis jenis ini kebanyakan dilakukan oleh para ibu rumah tangga dalam rangka menambah uang belanja. Selain itu, pengerjaan bisnis dari rumah dapat menyerap sumber daya yang ada disekitar area rumah tempat usaha tersebut dikerjakan.

Kegiatan-kegiatan bisnis yang dapat dimulai dari rumah

Di era yang serba canggih dan perkembangan bisnis marketplace di Indonesia, membuat ibu rumah tangga memiliki pilihan profesi sampingan dari sekadar mengurus rumah. Bahkan bisnis yang dijalankan para ibu rumah tangga ini dapat berkembang dari bisnis sederhana menjadi bisnis dengan omset mencapai puluhan juta.  

Berikut ini adalah kegiatan bisnis yang dapat dimulai ibu-ibu di rumah sembari mengurus anak diantaranya:

  1. Memanfaatkan halaman rumah dengan berkebun
  2. Berdagang produk kosmetik dan suplemen kesehatan melalui media sosial
  3. Memanfaatkan kemampuan menulis dan bahasa asing dengan menjadi freelance writer atau penerjemah
  4. Menjadi Dropshipper yang bisa dimulai dengan modal Rp 0
  5. Berjualan kebutuhan bayi, makanan bayi atau makanan pendamping ASI buatan sendiri
  6. Berjualan hijab dan baju-baju muslim, serta aksesoris
  7. Menawarkan jasa jahit baju dan permak celana jeans, ataupun perlengkapan rumah tangga seperti sprei dan sarung bantal
  8. Berjualan kue kering dan camilan baik yang diolah sendiri ataupun repackage kerja sama dengan produk orang lain
  9. Membuka usaha jasa boga

Keuntungan dan kekurangan memulai bisnis dari rumah

Meski terkesan mudah untuk dilakukan, menjalankan bisnis membutuhkan sebuah ketekunan. Ada beberapa hal yang menjadi faktor positif maupun negative menjalankan bisnis dari rumah.  

  • Keuntungan berbisnis dari rumah

Keuntungannya adalah anda tak harus melakukan perjalanan yang jauh untuk menuju kantor, waktu kerja yang cenderung fleksibel sehingga dapat memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga, tidak adanya biaya-biaya tambahan seperti pajak penghasilan dan biaya sewa tempat, sehingga lebih menghemat pengeluaran.

  • Kekurangan berbisnis di rumah

Kekurangannya adalah lokasi usaha yang sulit untuk ditemukan, apalagi jika usaha tersebut belum terdeteksi di google maps, memerlukan banyak negosiasi dengan masyarakat sekitar area usaha agar tidak dianggap mengganggu kenyamanan.

Agar bisnis rumahan yang anda jalankan lebih professional dan terawasi, perlu melakukan pencatatan transaksi dalam rangka monitoring usaha. Tak perlu pusing-pusing dengan membuat kolom di excel cukup dengan memanfaatkan aplikasi seperti buku kas. Aplikasi ini nantinya berguna sebagai buku catatan keuangan digital yang bermanfaat untuk memantau alur transaksi sehari-hari serta sebagai pencatatan hutang ataupun piutang.

Related posts