Truk adalah salah satu kendaraan yang memiliki beragam fungsi dan ukuran. Ukuran truk yang lebih besar dari mobil lain pada umumnya ini, membuatnya harus dikendarai dengan cara yang berbeda. Karena itulah, SIM yang harus dimiliki oleh pengendara truk pun berbeda, yaitu SIM B2. Namun, selain memiliki SIM ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengendara agar aman saat mengendarai truk:

Pertama adalah periksa kondisi kendaraan dengan baik, dan pastikan bahwa setiap komponen berfungsi dengan baik. Termasuk menggunakan berbagai komponen yang sesuai kebutuhan. Penting juga bagi setiap pengendara untuk mengetahui bagaimana karakteristik dari kendaraan yang dikendarainya. Khususnya, jika kendaraan yang akan dikendarai bukanlah kendaraan yang biasanya. Hadirnya varian baru dari truk fuso diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan. truk terbaru ini mengenalkan fitur keselamatan canggih berbasis Advanced Braking System (AEBS) dan Electronic Stability Program. Untuk pengemudi yang lebih memilih mengedepankan fitur air suspension, Mitsubishi Fighter terbaru diluncurkan dengan ruang kabin yang lebih luas dan serta air suspension seat.

Kedua adalah siapkan stamina, sebab mengendarai truk membutuhkan stamina yang lebih daripada kendaraan biasa, apalagi jika muatan pada truk Anda cukup berat. Saat mengendarai truk, pengemudi akan dibatasi oleh kecepatan maksimal yang diijinkan. Terkadang, pengemudi juga harus berhenti beberapa jam sekali ketika suhu udara sangat panas, untuk menjaga agar ban tidak kelebihan suhu. Karena, beban berat yang dibawa oleh truk ini akan membuat daya gesek ban semakin besar, sehingga suhu ban juga akan mudah naik.

Ketiga adalah menaati semua peraturan, tidak hanya peraturan umum untuk semua pengendara saja, tetapi juga berbagai peraturan tambahan yang hanya diberlakukan untuk kendaraan besar seperti truk. Misalnya saja, seperti wajib berada di lajur kiri, atau larangan memasuki daerah tertentu.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu membawa alat komunikasi, agar bisa langsung menghubungi seseorang ketika terjadi suatu hal yang diluar prediksi.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, semoga dapat mengurangi resiko kecelakaan sehingga sampai tujuan dengan selamat.