Beberapa Kelebihan Menggunakan Pipa Berbahan Thermoplastik

  • Whatsapp
Pipa Berbahan Thermoplastik

Seperti diketahui, thermoplastik kerap dijadikan sebagai bahan baku pembuatan pipa. Sebut saja, pipa PVC, uPVC, pipa HDPE, pipa PVC-O, pipa PPR, dan lainnya. Selain harganya murah, pipa satu ini sudah terjamin kualitasnya sehingga sangat direkomendasikan digunakan sebagai penyalur air di rumah, baik itu air pembuangan maupun air bersih.

Tak hanya itu, menggunakan pipa berbahan baku thermoplastik ini, Anda pun akan memperoleh berbagai kelebihan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Anti Karat. Berbeda dengan pipa besi yang lebih mudah berkarat, pipa yang terbuat dari bahan thermoplastik biasanya tidak akan mengalami karatan meski digunakan dalam waktu yang cukup lama sekalipun. Bagian dalam pipanya pun tak akan mudah korosi sehingga ketika digunakan tidak akan menimbulkan masalah. Untuk itu, penggunaanya sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin mengganti maupun memasang pipa.
  2. Bobotnya ringan. Bobot dari pipa thermoplastik ini relatif lebih ringan dari pipa berbahan besi. Karena bobotnya yang ringan inilah membuat proses mobilisasi serta instalasi pipa (penyambungan pipa) menjadi lebih mudah. Bukan cuma itu saja, pipa ini juga bisa dibawa menggunakan kedua tangan. Dengan begini, tentu saat membeli pipa satu ini, Anda pun tidak kesulitan mencari kendaraan untuk mengangkutnya sampai ke rumah.
  3. Efektif dalam penyambungan. Bisa dikatakan, penyambungan pipa thermoplastik ini terbilang sangat efektif. Hal ini karena bahan dari pipa yang sangat lentur sehingga bisa digunakan untuk medan apapun, salah satunya daerah yang berbukit. Di samping itu, pemasangannya juga terbilang cukup mudah karena bisa disambungkan dengan fitting atau sambungan pipa yang banyak dijual bebas di pasaran.
  4. Variannya banyak. Seperti yang sudah disebutkan di bagian atas, pipa thermoplastik ini terdiri dari banyak varian. Seperti pipa PVC, pipa uPVC, pipa HDPE, pipa PVC-O, pipa PPR, dan lain sebagainya. Yang mana, semua pipa ini bisa digunakan untuk mengalirkan air bersih, air berdensitas tinggi, dan lainnya.

Itulah sejumlah kelebihan yang akan Anda peroleh jika menggunakan pipa berbahan baku thermoplastik. Sedikit info, awal mula pembuatan pipa dari thermoplastik ini diprakarsai oleh munculnya karatan di pipa besi yang digunakan untuk menyalurkan air di kota Zwolle, Belanda pada tahun 1950. Akibat karatan ini, membuat Otoritas pengadaan air bersih, WMO, yang diketuai oleh Johan Keller, berinovasi membuat pipa yang terbuat dari bahan plastik.

Semoga bermanfaat, ya!

Related posts