Sejarah Dibalik Adanya Pulsa

Pada tahun 1994 ada sebuah satelit yang dimiliki oleh telkom, Indosat dan Binagraha telekomindo pionir dari adanya fasilitas GSM di seluruh Indonesia sampai saat ini. Mengambil nama Satelindo, jaringan seluler di Indonesia mulai berkembang dan disusul dengan munculnya Telkomsel dan XL Axiata pada tahun 1995 dan tahun 1996.

Awalnya sistem prabayar pada jaringan seluler di Indonesia menganut istilah kredit. Namun, karena kesalahan tafsir dari para pengguna jaringan seluler, istilah kredit tersebut lambat laun berubah menjadi pulsa. Istilah pulsa tersebut menjadi lebih populer ketimbang kredit dan pelanggan pun menjadi lebih sering menggunakan istilah tersebut hingga saat ini.

Bahkan, KBBI memiliki mengartikan pulsa sebagai perhitungan biaya pada jaringan telepon. Jadi, istilah pulsa sebenarnya adalah sebuah kesalahan tafsir oleh masyarakat yang sebenarnya mengacu ke istilah kredit pada jaringan seluler prabayar.

Sekilas Tentang Pulsa

Di zaman sekarang, istilah tentang pulsa tentu telah dikenal oleh mayoritas masyarakat berbagai kalangan. Apalagi sekarang ini sudah menjadi tren smartphone di masyarakat Indonesia dan semakin meningkat setiap harinya. Tak hanya orang dewasa, anak kecil pun tidak canggung saat menggunakan HP.

Popularitas HP dewasa ini kian pesat bertambah karena gawai tersebut memiliki fitur yang memudahkan pemakainya untuk berkomunikasi. Dengan mobilitas yang tinggi, pemilik smartphone dapat melakukan komunikasi dimana saja dan kapan saja sesuai kehendak.

Tetapi agar bisa berkomunikasi, biasanya pengguna smartphone terlebih dahulu harus memiliki kartu SIM yang telah diisi pulsa. Apabila teman teman tidak memiliki pulsa, maka komunikasi jarak jauh melalui handphone tidak akan bisa dilakukan

Teman teman pasti juga sudah tidak asing dengan istilah pulsa tersebut, bukan? Alat pembayaran ini seringkali digunakan agar layanan jaringan komunikasi melalui HP mungkin terjadi. Fasilitas seperti mengirim SMS, telepon, hingga koneksi internet tentu membutuhkan pulsa agar bisa Teman teman nikmati.

Meski memiliki fungsi yang sama, banyak operator seluler yang membebankan biaya pulsa berbeda untuk setiap fasilitas yang Teman teman gunakan. Jadi, usahakan untuk melihat promo yang ditawarkan oleh provider kartu SIM HP Teman teman agar tarif pulsa Teman teman dapat sedikit tertekan.

Apakah Itu Pulsa dan Top Up Pulsa?

Pulsa adalah sebuah alat pembayaran pada jaringan seluler yang seringkali menganut sistem prabayar. Agar Teman teman dapat berkomunikasi melalui HP, Teman teman tentu perlu memiliki cukup pulsa pada kartu SIM yang dipakai.

Untuk itu, agar pulsa pada kartu SIM selalu terisi, Teman teman perlu melakukan top up atau isi ulang pulsa. Tarif yang diberikan oleh operator seluler untuk setiap nominal pulsa tentu beragam. Biasanya, untuk membeli pulsa sebesar 5000, Teman teman perlu merogoh kocek hingga 6000 Rupiah.

Tarif pulsa memang seringkali lebih mahal dibanding nominal pulsa yang Teman teman dapatkan. Salah satu alasannya adalah karena Teman teman harus membeli pulsa melalui retailer yang harus menaikkan harga untuk bisa mendapatkan keuntungan. Jadi, jangan kaget jika rata-rata harga pulsa lebih tinggi ketimbang isinya.

Sekian infomasi tentang Apakah Itu Pulsa dan Top Up Pulsa? Sekilas Tentang Pulsa dan Sejarah Dibalik Adanya Pulsa dan teman juga bisa lihat tentang sulap pulsa di sini : sulap pulsa. Semoga bermanfaat.