Apa itu Rhinos Obat dan Bagaimana Kegunaannya?

  • Whatsapp
Rhinos Obat

Rhinos obat atau Rhinos SR termasuk pada salah satu obat yang banyak digunakan oleh masyarakat. Bentuknya kapsul dengan butiran-butiran kecil di dalamnya. Biasanya masyarakat akan menggunakan obat ini untuk mengatasi masalah flu dan batuk. Meskipun begitu, obat ini tidak diperkenankan untuk pembelian tanpa resep dari ahli medis atau dokter.

Kandungan Obat dan Kegunaan

Pada dasarnya, Rhinos merupakan obat yang menggunakan bahan aktif loratadine yang termasuk pada golongan antihistamin. Dalam  penggunaannya, loratadine akan menekan atau mengurangi reaksi alergi yang ditimbulkan oleh efek histamin. Adapun kandungan lainnya adalah pseudoephedrine yang termasuk pada golongan dekongestan. Berbeda fungsi dengan loratadine, pasalnya pseudoephendrine bekerja untuk mengecilkan pembesaran pembuluh darah khususnya di saluran hidung.

Rhinoes obat merupakan salah satu dari obat resep yang berbentuk kapsul lepas lambat. Dengan kandungan aktif yang ada di dalamnya, Rhinos bisa membantu untuk mengatasi beberapa gejala rinitis alergi. Untuk gejala ini biasanya meliputi hidung gatal, hidung tersumbat, hidung berair hingga bersin-bersin.

Meskipun begitu, obat ini tidak disarankan untuk penggunaan pada reaksi flu biasa. Perlu pemeriksaan oleh dokter ahli apakah gejala-gejala tersebut memang merupakan gejala rinitis alergi yang membutuhkan obat dengan kandungan loratadine dan pseudoephendrine atau tidak. Tak hanya itu, meskipun obat ini digunakan karena adanya reaksi alergi, namun Rhinos obat tidak bisa digunakan untuk mengobati jenis alergi lainnya.

Komposisi dan Dosis

Obat Rhinos tersedia dengan bentuk kapsul yang isinya mengandung 5 mg  loratadine. Ditambah 60 mg pseudoephendrine HCL lepas segera maupun lambat. Sementara untuk penggunaan obat, sebaiknya mengikuti petunjuk dokter. Karena obat hanya bisa digunakan oleh dewasa dan anak-anak yang usianya lebih dari 12 tahun. Namun biasanya dosis yang diberikan sama, yakni 1 kapsul dalam waktu 12 jam sekali.

Tips Mengunakan Rhinos

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, bahwa Rhinos obat merupakan obat resep yang mana dalam penggunaannya tidak bisa sembarang. Selain itu, ada baiknya perhatikan terlebih dahulu beberapa hal berikut sebelum menggunakan obat ini. Apa sajakah itu?

  1. Pastikan bahwa Anda tidak memiliki reaksi alergi terhadap kandungan aktif yang terdapat pada obat Rhinos atau obat lain yang mempunyai kandungan stimulan atau kafein
  2. Jika Anda memiliki beberapa riwayat sakit seperti jantung koroner, aritmia, hipertensi, dan sebaginya, ada baiknya konsultasikan pada dokter
  3. Tidak disarankan untuk ibu hamil. Namun, jika manfaatnya dirasa lebih besar dibandingkan dengan risiko yang akan terjadi pada janin, maka tidak masalah untuk dikonsumsi sesuai arahan dokter
  4. Lakukan pengonsumsian obat sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh dokter. Jangan membeli resep sendiri karena Rhinos obat tidak dijual secara bebas
  5. Ketika mengonsumsi obat, lakukan dengan benar. Telan obat secara langsung dan utuh dengan bantuan segelas air
  6. Hindari untuk mengigitnya atau membuka kapsul karena bisa meningkatkan efek samping obat
  7. Tidak diperkenankan untuk menambah dosis sendiri tanpa anjuran dari dokter ahli
  8. Hindari penggunaan obat secara bersamaan dengan obat lain. Terlebih untuk jenis obat yang digunakan sebagai pengendali atau penekan tekanan darah yang tinggi
  9. Meskipun obat ini punya manfaat yang bagus untuk mengurangi gejala rinitis alergi, namun obat Rhinos bisa memicu beberapa efek samping. Dari mulai masalah pencernaan hinggapada sistem kardiovaskular.

Pada dasarnya, Rhinos obat memang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan untuk jenis gangguan tertentu. Namun akan sangat baik sekali jika sebelum mengonsumsinya Anda tahu informasi lengkap tentang obat tersebut. Selain itu, untuk mendapatkan  informasi lebih lengkap tentang obat Rhinos maupun obat lainnya, segera kunjungi situs atau aplikasi Halodoc. Dapatkan segala informasi kesehatan dengan mudah , lakukan konsultasi secara efektif via digital bersama para ahli.

Related posts