[Update!] Meminjam Buku Lebih Mudah dengan Aplikasi iPusnas

Rabu, Juni 01, 2016

Artikel ini merupakan pembaharuan dari artikel sebelumnya....

Sudah tiga tahun rupanya saya menjadi anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). Sejak menjadi mahasiswa tingkat akhir, dalam rangka mencari pustaka waktu itu. Dan seminggu yang lalu saya mendapatkan surel bahwa Perpusnas memiliki aplikasi. Wah seperti apa aplikasinya? Mari kita bahas!

Bagi kutu buku, tentu hal ini merupakan kabar baik. Apalagi, para kutu buku yang myskyn seperti saya terbentur waktu untuk pergi ke perpustakaan, atau sedang malas keluar rumah bisa jadi solusi. Kalau tidak salah, pemerintah sedang menggalakkan 15 menit per hari untuk baca buku. Dengan aplikasi ini, seperti membaca akan lebih dari 15 menit.

Seperti inilah penampakannya:

Tampilan awal iPusnas

Di versi ini sudah ada kategorisasi buku, sehingga bisa lebih mudah untuk mencari buku yang ingin kita baca. Selain itu kolom pencarian memudahkan kita saat mencari buku-el.

Tampilan ketika sudah berhasil masuk ke aplikasi

Setelah memilih buku, maka akan diberikan informasi tentang buku tersebut. Seperti sinopsis buku tersebut, penerbit, penulis serta berapa jumlah buku yang tersedia. Persis seperti saat di perpustakaan sungguhan! Ini adalah buku-buku yang sedang saya pinjam

Dua buku yang sedang saya pinjam
Setelah meminjam buku, maka akan ada tulisan "mengunduh" di informasi tadi. Nah, untuk membacanya, tinggal geser ke kiri. Buku yang dipinjam sudah masuk ke ruas "Koleksiku". Di situ kita bisa membuka dan membaca buku yang sudah dipinjam.

Informasi mengenai batas peminjaman buku atau expired time

Jangan khawatir, karena ternyata sudah ada pembatas buku kok kalau kita sudah merasa cukup untuk membaca. Tinggal ketuk tanda bintang, otomatis halaman yang kita baca akan tersimpan. Untuk membacanya, kita tinggal mengetuk buku yang ada di ruas "Koleksiku" lalu Anda akan dibawa ke halaman yang Anda tandai. Mudah kan? 

Pembatas buku agar tidak lupa sampai halaman berapa kita membaca
****

Dengan buku-el di tangan, sepertinya membaca tidak hanya 15 menit, nih namun bisa berjam-jam! Yippe! 

Semoga pembaruan selanjutnya kita bisa melihat kolom pencarian. Good luck!

You Might Also Like

0 comments

Subscribe