Resep Sayur Asam Madura

Minggu, Oktober 11, 2015

Dear diary~
            Hari ini kita masak, masak kecil tapi kerasa masak besar -_- Jadi mulanya, dalam rangka penghematan. Eh kok malah banyak rupiah kita layangkan -_- Gagal deh rencana penghematan. Bukan hemat malah melarat L

Happy cooking! via quickmeme.com


            Pagi ke pasar. Pagi-pagi, hari Minggu, ke pasar pula. Perlu dicatat ya gengs, ini pertengahan bulan. Dimana pundi-pundi rupiah mulai melemah. Selemah hati adek tanpa abang *kunyah permen antibaper*.

            Agak siang sih ke pasar, jam 7-an. Tapi Malang menurutku kok ya serba siang ya. Jam 7 masih banyak aja ibu-ibu dan orang-orang yang belanja. Hm yaudah lah.

            Setelah kegiatan berjubel di pasar selesai, akhirnya aku dan Ceman pulang dengan mengendarai elang selamat sentosa. Banyak juga ya bahan yang kita beli -_- Mana gagal dapet mangga muda lagi. Ga jadi makan cèngi deh adek L Padahal edisi rindu masakan emak di rumah. Pas ke warung buat beli beras, sempat membujuk si empunya warung untuk berderma hati memberi kami mangga muda. Tapi apalah daya, membujuk pun gagal!

            Acara masak-memasak pun berlangsung lancar jaya. Kecuali dadar jagung yang mayoritas berwarna cokelat gelap (baca: gosong). Seumur-umur belum pernah goreng dadar jagung soalnya. Buat sih pernah, goreng belum pernah. Yaudahlah, toh aku ga terlalu ngoyo buat makan dadar jagung. Biar si Ceman aja yang makan J Dia kan nyidam dadar jagung.

            Jadi, kita masak yang berkuah hari ini: Ghângan Kellah Cèlo’. Itu masakan Madura, 'kan edisi rindu masakan emak! Wkwk. Selain dadar jagung, lauk lan yaitu tempe goreng, telur tepung goreng, sambal tomat matang, serta ikan asin :’)

            Ghângan Kellah Cèlo’ ini sayur asem sih. Tapi isinya bukan bayam, makanan Popeye Si Pelaut. Kalo di rumah, makanan berkuah wajib dipasangkan dengan ikan asin. Apalagi kalo kuahnya bening bin segar kek Ghângan Kellah Cèlo’ ini J Kalo curious dan pengen buat, ini dia resepnya!

Abaikan kaki. Inga'! Itu bukan bahan masakan kita yha~ via dokumentas pribadi

            Bahan:
Kacang panjang, dipotong ±5 cm           15 buah
Terong-terongan, dipotong melintang     2 buah, sepanjang ±20 cm
Tauge                                                      1 ons
Labu siam, dipotong dadu                       1 buah
Air                                                            1 ½  liter
            Bumbu:
Bawang merah              3 siung
Bawang putih                3 siung
Asam jawa                    ½ sdt
Lengkuas                      satu ujung jempol
Garam                          secukupnya
Gula                             secukupnya

            Cara membuat:
1. Geprak bawang merah, putih, dan lengkuas
2. Didihkan air, masukkan bahan yang sudah digeprak
3. Masukkan semua bahan yang terdiri dari kacang panjang, terong, tauge, dan labu siam plus asam jawa
4. Setelah bahan dirasa agak lunak, tambahkan garam dan gula sesuai selera
5. Jangan lupa mencicipinya! Kalo kurang bisa ditambah gula atau garam
6. Hidangkan bersama nasi dan lauk-pauk yang lainnya J

Menurutku, memasak merupakan kegiatan yang rempong namun dapat mengasah koordinasi tubuh, pikiran, dan perasaan *kemudiaan baper*. Kok perasaan dibawa-bawa? Ya, coba aja kalo kita ga pake feeling method pas nambahin bumbu-bumbu dan bahan-bahan tersebut, mana bisa enak? Kalo ngasal nambahin bumbu atau penyedap masakannya kan rasanya bakal ga jelas? Haha, dasar baper-ers!

Voila! Abaikan kembali dadar jagung yang gosong itu via dokumentasi pribadi 



Btw, bon appetit!

You Might Also Like

0 comments

Galeri

Subscribe