Postmodern Jukebox: Ketika Era Musik Vintage Dihidupkan Kembali

Sabtu, Agustus 08, 2015

          


PMJ!  via postmodernjukebox.com

            Keknya mustahil gitu ya orang ga suka denger musik, meski kemungkinan itu ada. Tapi, bagi gue sendiri, dengerin musik udah jadi rutinitas sehari-hari. Makanya gue tulis di kategori "sehari-hari". Selera musik orang macem-macem. Ada yang suka dengerin lagu pop, rock, jazz, classic, ethnic, soul, dan lain sebagainya. Dan gue, termasuk orang yang ga suka sama satu genre musik aja! Uhuy!



            Di sebuah forum, ada judulnya thread judulnya Vintage Music (kalo gue ga salah inget), nah dari situ gue dapet rekomendasi musik yang so oldies. Entah beneran musik jadul macem The Beatles, atau sekelompok orang yang ngecover lagu-lagu modern menjadi gaya jadul asal Amerika Serikat: Postmodern Jukebox. Beneran sukak! :*


            Jadi, Postmodern Jukebox ini diprakarsai oleh Scott Bradlee. Dia itu pernah menempuh pendidikan musik, kalo ga salah sih dia ambil spesialisasi musik jazz. Nah, dia sendiri main piano. Anggotanya ga tentu sih, kadang nambah, kadang kurang, kadang ada yang diganti.

                  Untuk vokalisnya, banyak! Mau cewe mau cowok ada! Cewe nih ada Robyn Adele Anderson, Ashley Stroud, Haley Reinhart, Ariana Savalas. Cowo yang biasa muncul ada Von Smith sama Casey Abrams. Vokalis di PMJ ini punya karakter beda-beda, jadi khas banget. Ada yang ngebass meski suaranya cewe, melengking, seksi(?) dan lain-lain. Kalo vokalis cewenya lebih suka Robyn Adele Anderson! Dari wajah, suara, gayanya dia vintage banget. Dan suka sama spooky eyes-nya! 

            Mereka itu ngecover lagu-lagu hits, atau remake lagu-lagu yang beneran jadul misalnya Stacy’s Mom (atau Stacey’s Mom?). Nah, yang gue suka dari mereka, mereka itu semacem ngasi edukasi ke kita, kalo “musik vintage” itu ada gayanya masing-masing. Misalnya Vintage Soul, Gatsby Style, Sock Hop, Bluegrass, Vinatge Motown dll. Selain ngecover jadi lagu jadul, ada pula lagu yang dicover jadi agak-agak etnis gitu, misalnya gaya Klezmer atau ala-ala musik Spanyol gitu.


            Selain aransemennya diubah, liriknya juga kadang diubah. Kenapa diubah? Selain karena jaman 1900-an ga ada kata atau frase yang digunakan di lirik jaman sekarang, juga kadang ada lirik yang memakai bahasa slang yang emang ga pantas didengerin. Liat aja lirik lagu Anaconda-nya Nicki Minaj! Haha. Ada pula yang liriknya diubah jadi bahasa lain, disesuaikan dengan tema etnisnya gitu. Makin bagus malah menurut gue~


            Meski mereka “cuma” ngecover lagu, tapi mereka udah ngadain tur. Awal tahun ini mereka tur keliling Eropa. Dan emang karena mereka konsisten Cuma ngecover lagu kali ya, dan ga mencipta lagu makanya orang-orang suka. Beda sama mbak-mbak yang terkenal karena ngecover lagu terus ciptain lagu sendiri *lirik Karmin* *kemudian dihujat fansnya Karmin*.


            Sebenernya gue banyak ga tau lagu yang mereka cover. Tapi meski gue ga tau, tetep aja gue suka! Mungkin karena musik oldies yang mereka bawain ya, jadi meski judulnya ga tau gue jadi suka.Subyektif banget gue :) Dan inil beberapa gue suka dari semua cover lagu mereka!

Burn by Ellie Goulding



Ini beneran superb! Ashley Stroud (poni cokelat) ternyata bakat bikin koreografi! Well done!

Wake Me Up by Avicii

Ini ala-ala Spanyol dan beneran pake bahasa Spanyol! Kostumnya jadi inget telenovela! "Aia rrrraaaa"-nya ngena banget! Karina Hernandez did it!

Talk Dirty by Jason Derulo
Katanya sih, ngerap ala-ala Eropa Timur. Tsvey ket even keyt in ziyn moyen? 

Blank Space by Taylor Swift
Pengen kipasnya, adem! :D

Barbie Girl ala Morgan James!

Suka suara melengkingnya Morgan James. Body-nya juga bisa merepresentasikan Barbie yang bohay! Untung di akhir lagu ga bilang "Pusing pala Barbie"

Chandelier by Sia

Menurutku ini yang paling nyeremin diantara semuanya :(

All About That Bass by Meghan Trainor
4 in 1! Ada Haley Reinhart yang bersuara menggoda nan seksi, Morgan James dengan suara melengking strong, Ariana Savalas yang anggun, serta Casey Abrams di awal! 

You Might Also Like

0 comments

Galeri

Subscribe