Alasan Kenapa Lagu Firasat Menjadi Lagu yang Sering Didengarkan

Selasa, Mei 26, 2015


Raisa via cuteabis.com

Hai! Akhirnya setelah hari kemarin periksa dan ga ada keluhan lebih lanjut, keknya aku mulai sembuh deh. Jadi, kemaren itu kondisi badang ga se-fit hari-hari sebelumnya. Dan ngerasa bakal kenal gejala tipes atau DB gitu. Soalnya sensasinya sama seperti sebelumnya. Dulu-dulu aku kena gejala tipes dengan perut mual bak ibu hamil. Sedangkan pas kena DB gejalanya demam panas dingin. Suhu tubuh tinggi, tapi ngerasa dingin. Ah sudahlah. Mungkin benar apa kata dokter kemarin yang meriksa, kalo aku mungkin cuma kecapekan. Hal ini mahfum karena emang hari Sabtu itu seharian dihabisin di Jatim Park 1. Dan naik wahana yang membutuhkan nyali HAHA!


Lanjut, sebulan terakhir ini, terhitung mulai awal bulan April aku suka dengerin lagu Firasat versi Raisa. Aku juga lupa-lupa inget soalnya setauku lagu Firasat yang liriknya bener-bener menghipnotis itu dinyanyikan oleh Marcell. Ternyata Raisa nyanyiin ulang buat soundtrack film Rectoverso. Sumpah lagu itu bener-bener merasuk dan terngiang-ngiang selalu dalam benakku!
Pengen tau alasannya? Simak ulasan hipwee berikut ini! (Balada pembaca setia hipwee)
1. Sesuai dengan pengalamanku
Karena aku sendiri pernah ngalamin firasat. Kalo tante Dee melukiskan firasat dengan alam yang seolah berbahasa, aku dapet firasat lewat mimpi. Jadi ceritanya pas SMP, aku mimpi sekelas rame banget. Rame, sampe cuma aku ngeliat salah seorang temenku. Dia dadah-dadah gitu sambil ngeliat ke kelas, sedangkan temen-temen yang lain pada sibuk sendiri. Cuma aku yang ngeliat dia. Terkejutlah aku, denger kabar kalo temenku itu keesokan harinya meninggal. Sungguh, pertanda perpisahan. Mimpi itu kerasa nyata banget, dan mungkin merupakan pertanda. Semoga tenang ya kamu di alam sana :')
2. Beberapa instrumen musik di lagu Firasat versi Raisa berkesan magis
Entah kenapa menurutku beberapa alat musik yang biasa dipake buat orkestra bernuansa magis. Misalnya flute sama violin. Nah, di lagu ini juga gitu. Meski ga ada flute, tapi ada violin. Juga ada glockenspiel kalo ga salah denger (bener ga sih tulisannya?) yang menambah kemagisan lagu ini. Di awal-awal juga kedenger alat musik ini berdenting centil. Beda pokoknya antara versi Marcell dan mbakyu Raisa.
3. Suara mbakyu Raisa yang dalam imajinasiku seolah-olah adalah Senja
Bagi yang sudah nonton film ini pasti sudah tahu siapa Senja. Ya, Senja di sini diperankan oleh Asmirandah, merupakan tokoh utamanya. Dikisahkan Senja ikut klub Firasat soalnya suka sama Panca, pendiri klub Firasat itu. Duh cewe yah kadang subyektif :" *didemo masa* Bayangin, kalo misalnya mbakyu Raisa beneran dapet firasat kek Senja rasain. Tetiba ada sensasi aneh, alam pun berlaku demikian, memberi tanda seolah akan terjadi sesuatu yang buruk. Kurasa, suara mbakyu Raisa lebih cocok buat lagu melow-melow gitu. Dan lagu ini berkarakter melow, cucok lah!
4. Liriknya menggambarkan apa yang dirasakan saat mendapat firasat
Tante Dee emang juara kalo bikin lirik atau kalimat-kalimat yang menyihir. Lirik yang menurutku menggambarkan seseorang saat mendapat firasat yaitu:
" Kupercaya alam pun berbahasa, ada makna di balik semua pertanda"
Aku juga percaya, bagaimanapun lingkungan sekitar memberi tanda kepada kita. Kalo di hewan, pasti ada perilaku aneh pabila akan terjadi sesuatu, umumnya yang buruk. Aku pernah baca artikel, beberapa perilaku hewan yang menyelamatkan tuannya. Salah satunya saat seseorang sedang asyik menonton tv, tetiba kucingnya mencakar-cakar keset yang agak jauh dari tv. Si pemilik pun mendekati kucing tersebut, tak beberapa lama kemudian tv yang ditontonnya tadi meledak! 

Itulah beberapa alasan kenapa lagu ini masih jadi lagu yang sering diputar sebulan terakhir. Oh ya, kenapa dari awal April? Karena, di tanggal 3 April itu, seseorang pergi. Lebih tepatnya pindah. Karena dia udah lulus duluan. Dia udah lulus, dan tinggal nunggu wisuda.

Entah kenapa perasaanku bilang kalo dia masih akan kembali. Dan ternyata bener. Minggu-minggu depan dia masih kembali. Mulai tanggal 6-10 dia masih kembali. Ternyata dia kembali untuk lamar pekerjaan. Hah. Emang kalo udah punya ikatan kuat, meski baru pertama kenal, firasat ga pernah salah. Selalu saja datang. Bahkan sel-sel tubuhmu ga bisa nolak pertanda itu. 

Intinya, lagu Firasat bener-bener ngagambarin apa yang aku rasain selama mendapat firasat. Entah itu baik maupun kurang baik. Percayalah, Tuhan tidak egois. Dia menyampaikan pesan dalam berbagai bentuk. Salah satunya dengan firasat. Aku jadi heran, kok bisa-bisanya ngejudge firasat atau apalah pertanda sebagai suatu yang musyrik. Ada tuh yang mikir begituan! KZL jadinya! 

Yaudah deh, daripada KZL mending dengerin mbakyu nyanyi! Caps!


#PS: Bagi kalian-kalian yang suka dapet firasat percayalah, pesan itu ada! Tapi beberapa orang menganggap itu kebetulan, beberapa orang tidak. Jadi nikmati firasat itu, kita ga bisa nolak.

You Might Also Like

0 comments

Galeri

Subscribe